Fasilitas sekolah memiliki keterkaitan, baik
langsung secara maupun tidak langsung
dengan proses belajar mengajar (PBM) dan kurikulum yang akan dilaksanakan di
sekolah. Oleh karena itu, sekolah harus melihat kondisi dan keterkaitannya
dengan fasilitas yang akan mendukung strategi dan proses-proses penyelenggaraan
program pembelajaran, tidak terkecuali pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Pada hakikatnya pendidikan IPA merupakan kegiatan
untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan berpikir ilmiah siswa. Oleh
karena itu IPA harus diajarkan melalui proses ilmiah sehingga siswa mampu
mengaktualkan potensi kemampuannya. oleh karena itu diperlukan adanya sarana
dan fasilitas untuk mengembangkan Science Process Skills yaitu laboratorium dan
perlengkapannya.
Dalam pendidikan Sains, laboratorium merupakan
tempat proses belajar mengajar dengan aktifitas praktikum yang melibatkan
interaksi peralatan dan bahan atau spesimen untuk memperoleh pengalaman dan
pemahaman langsung dalam mempelajari rahasia alam kehidupan. Laboratorium dapat
berarti suatu ruangan tempat dengan sejumlah perlengkapan atau suatu alam
terbuka dengan karakteristik natural. Melalui kegiatan laboratorium diharapkan
siswa mempelajari dan memperoleh pemahaman mengenai sifat dan gejala-gejala
alam kehidupan yang tidak dapat dijelaskan secara verbal. Laboratorium selain merupakan
suatu wadah yaitu tempat, gedung ruang dengan segala macam perangkat keras yang
diperlukan untuk kegiatan ilmiah,laboratorium juga merupakan tempat bagi guru,
siswa atau orang lain untuk melakukan kegiatan ilmiah dalam rangka belajar
mengajar. Laboratorium juga mengandung makna sebagai unit penunjang
akademik pada lembaga pendidikan berupa ruangan tertutup atau terbuka bersifat
permanen atau bergerak dikelola secara sistematis untuk kegiatan pengujian
kalibrasi dan atau produksi dalam skala terbatas dengan menggunakan peralatan
dan bahan berdasarkan metode keilmuan tertentu dalam rangka pelaksanaan
pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Permen PAN dan
Reforrmasi Birokrasi 2010).
Berkaitan dengan keberadaan laboratorium
khususnya laboratorium SMA Negeri 1 Selong, sarana dan prasaran pendukung lainnya belum sepenuhnya
memadai untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, dengan adanya situs blog laboratorium ini semoga SMA Negeri 1 Selong dapat mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan prasarana laboratorium dalam
proses belajar mengajar IPA.